Asosiasi PTS Minta Bantuan Pendidikan, Fransiskus A Silangen: Perjuangan Mereka Akan Dikoordinasikan Dengan Pemerintah

TopM.-SULUT– Komisi IV DPRD Sulut menggelar Rapat Dengar Pendapat bersama pimpinan asosiasi perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Sulawesi Utara. Ketua DPRD Sulut Fransiskus Andy Silangen turut hadir dalam pertemuan tersebut di dampingi ketua Komisi IV Vonny Paat.

Dalam rapat tersebut Asosiasi PTS meminta agar DPRD Sulut dapat memfasilitasi mereka dengan bantuan pendidikan mengingat keberadaan PTS dibawa Asosiasi Penyelengara Perguruan Tinggi Swasta Manado kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Kepada sejumlah wartawan, Silangen mengatakan bahwa perjuangan mereka ke depan itu menjadi perhatian dan akan di koordinasi dengan eksekutif.

“Kami akan memperjuangkan salah satu itu L2 Dikti supaya ada di sini kan kemarin sebenarnya persoalannya tadi masukkan cuman ada gedung, padahal sudah semuanya peluang itu sudah bisa masuk di Sulawesi Utara karena tadi pada waktu ini masuk di Sulawesi Utara banyak manfaatnya, termasuk alokasi untuk beasiswa akan meningkat, sekarang dipindahkan di Gorontalo Padahal kalau Gorontalo cuma 5-6 perguruan tinggi swasta, dan di Sulut ada 44 sehingga kedepan kita berjuang supaya bisa dimasukkan bersama Maluku Utara untuk jadi pusat di Sulut.”Jelas Silangen, Selasa (13/09/22).

Baca juga:   Personil Pansus Bahas Pasal Demi Pasal Ranperda Pohon

Lanjutnya,terkait beasiswa itu sudah ada alokasi untuk S1 dan S2 di beberapa perguruan tinggi swasta yang mahasiswanya masuk di situ.

” Yang menjadi kerinduan mereka adalah S3 Karena untuk tujuan menciptakan sumber daya manusia yang unggul tentu harus sumber daya manusia yang mengajar juga harus ditingkatkan kualitasnya termasuk minta supaya setiap itu ada 5 orang dari perguruan tinggi swasta untuk bisa di sekolahkan masuk S3.”ungkapnya.

Selain itu dikatakan ketua Komisi IV DPRD Sulut Vonny Paat apa yang menjadi kerinduan PTS nanti itu akan dibahas karena Pemerintah Provinsi memang untuk pendidikan telah mengalokasikan bantuan pendidikan lebih dari 20 persen dari APBD,

“Pemerintahan juga sudah membantu beberapa perguruan tinggi swasta walaupun itu belum semua. dan juga ada bantuan beasiswa untuk 200 Mahasiswa S1, itu yang memasukan proposal di dinas pendidikan, selaim itu ada bantuan beasiswa S2 untuk mahasiswa dan ini sudah sementara berjalan, dan untuk S3 ada kerjasama Pemerintah dengan Universitas Indonesia dan sudah 2 tahun kerjasamanya.”pungkasnya.

Baca juga:   Bentuk Kepedulian Terhadap Forward Sulut, Sekwan Sulut Salurkan Bantuan Tahap II

Turut Hadir dalam Rapat ini Anggota Komisi IV DPRD Sulut Sjenny Kalangi,Agustine Kambey dan Yusra Alhabsi.

 

dvd #

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *