43 Anggota Legislatif Sulut Gelar RESES III 2022

TopM- Sulut- Terhitung sejak tanggal 21-26 November 2022, 43 anggota DPRD Sulut reses sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Wakil Ketua DPRD Sulawesi Utara (Sulut), Victor Johanes Mailangkay melakukan reses ke III tahun 2022 di kelurahan Kampung Islam, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Selasa (23/11/2022).

Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulut ini, bertatap muka langsung bersama lurah dan jajaran perangkat kelurahan, serta ketua-ketua lingkungan.

Dalam reses tersebut, ketua-ketua lingkungan (ketling) dan para staf mengajukan berbagai aspirasi dan usulan, terkait dengan fasilitas publik yang perlu mendapat perhatian pemerintah. Yakni eperti jalan yang rusak, talud, drainase dan penerangan lampu jalan yang harus diadakan.

“Masyarakat kelurahan Kampung Islam sangat mengeluh dengan berbagai fasilitas publik terkait dengan drainase yang masih belum bisa menampung debit air yang besar karena masih terjadi banjir,” ujar Ketling Lingkungan V.

Dia juga mengatakan banyak sekali kendaraan kontainer yang lalu lalang di lokasi tersebut dan ini bisa mengakibatkan jalan rusak.

“Setiap pagi kendaraan besar seperti kontainer, truck masuk dan melintas di jalan tersebut membuat arus lalu lintas macet, v terutama pagi-pagi sekali bersamaan dengan anak-anak yang akan pergi ke sekolah,” ujarnya.

Mailangkay merespon apa yang menjadi aspirasi dan keluhan masyarakat serta bertekad akan menindaklanjuti, memperjuangkan ke pemerintah daerah dan membawa aspirasi ini ke DPRD Sulut.

“Aspirasi yang disampaikan masyarakat dan pemerintah kelurahan Kampung Islam di reses ini akan saya teruskan dan perjuangkan di DPRD Sulut. Melalui APBD perubahan tahun 2023, apa yang menjadi kewenangan pemerintah Kota Manado akan diteruskan begitu pula yang menjadi kewenangan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Semua akan saya perjuangkan,” tegas Mailangkay.

Kemudian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Daerah Pemilihan (dapil) Kota Manado, Hilman F Idrus gelar Reses III Tahun 2022 kepada Warga Singkil I dan II di Aula Kantor Kecamatan Singkil, Senin 21 November 2022.

Kedatangan Hilman Idrus yang didampingi staf sekretariat DPRD Sulut disambut baik Camat Singkil Fadhlyi Kasim, SH di Aula Kantor Kecamatan Singkil.

Hilman F Idrus dalam sambutan reses dihadapan Camat Singkil dan jajarannya, mengatakan Reses III Anggota DPRD Sulut dapil Kota Manado wajib hukumnya untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yaitu menyerap aspirasi daerah pemilihan masing-masing yaitu Kota Manado.” tutur Hilman.

“Ada 11 kecamatan yang nantinya hasil reses kami Anggota DPRD Provinsi dan Kota Manado akan dibawah ke Tingkat Provinsi Sulut melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dimana seluruh hasil reses ini selanjutnya akan ada pertemuan dengan Walikota yang akan kami lampirkan secara tertulis hasil-hasil evaluasi dari tingkat kecamatan dan atau forum pimpinan lingkungan setempat yang kami datangi.” kata Hilman.

Aspirasi keterwakilan warga Singkil Satu dan Singkil Dua, terkait mewaspadai Air Sungai DAS Tondano, minta pemerintah ketegasan kepada warga yang masih kumabal masih ada warga berniat ingin membangun ditepian DAS Tondano. Selain itu warga minta pemerintah kemungkinan terjadi banjir akibat curah hujan semakin tinggi.

Warga juga usul dan minta pemerintah memperhatikan realisasi lapangan Ketang baru khususnya lapangan sepak bola.

Warga Singkil juga minta kelanjutan pembangunan drainase dan tanggul dari dana anggaran pembangunan kota Manado.

Tanggapan Hilman Idrus, terhadap keseluruhan Aspirasi Warga Singkil Satu dan Singkil Dua: bahwa pada prinsipnya selama ini Pemprov sulut dibawah kendali Gubernur Olly Dondokambey dan Pemkot, kepemimpinan Walikota Andrey Angouw dan Wakil Walikota Richard Sualang telah bersinergitas bersama Anggota DPRD Sulut dapil Kota Manado, dibantu mendapat dukungan warga kota manado telah menunjukan hasil signifikan dan berlangsung terus.

Hilman akui tentu masih ada yang sedang berproses sebelum APBD 2023, dan belum terealisasi hingga reses III tahun 2022 ini akan dilanjutkan di APBD tahun anggaran 2023.

Terkait drainase dan tanggul diapresiasi untuk hasil evaluasi dari reses penutup ini akan ditindak lanjuti saat pertemuan dengan Walikota Manado.

Terkait Lapangan Sepak Bola Ketang Baru akan di realisasikan di tahun politik 2024.

Hilman, pada penutupan reses III tahun 2022, menginformasikan Pemprov saat ini ada perda Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Manado.

 

Lanjut Hi Amir Liputo, SH Legislator DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari Daerah Pemilihan (dapil) Kota Manado, menggelar reses III tahun 2022 di Aula Masjid Besar Al-Muhajirin Paniki Dua, pada hari Senin (21/11/2022).

Ada berbagai aspirasi terungkap melalui warga Paniki Dua terkait permasalahan yang dihadapi di daerah pemilihan kota Manado khususnya kelurahan paniki dua. diantaranya proyek pembangunan yang belum terealisasi sampai saat ini.

Menanggapi aspirasi warga Paniki Dua, Amir Liputo, memaparkan singkat terkait penanganan progres pembangunan di Sulawesi Utara khususnya di kota Manado seperti jalan lingkar Kota Manado yang tahap demi tahap di tahun 2026 secara keseluruhannya akan selesai pada tahun 2026 nanti. ungkap Sekretaris Komisi III DPRD Sulut.

“Kewajiban sebagai anggota DPRD Sulut mohon DOA, jalan ring road 2026 manado sudah selesai. Saya berjuang Manado Utara akan lebih baik dari manado selatan, kemudian usulan saya Mapanget, Pandu untuk bangun sekolah SMA Negeri. Pusat kota Manado rencana dikembangkan ke daerah barat,” ujar liputo.

“DPRD Sulut, juga ada program pemberian bea siswa bagi yang sama sekali tidak mampu, Program bantuan masyarakat dibawah garis kemiskinan akan dibantu rumah penghunian sederhana,” Pungkasnya.

 

 

Sementara anggota DPRD Sulut Dapil Bolmong Raya Nursiwin Yunus Dunggio dari Partai PAN yang meraup suara 18.036 ini, menyerap aspirasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Nursiwin Dunggio menerima berbagai aspirasi warga yang ada di Desa Kayumoyondi Kecamatan Tutuyan yang disampaikan langsung oleh warga guna dapat diperjuangkan nantinya.

Dan Dunggiopun berjanji akan menyerap aspirasi dan akan dibahas di Gedung cingkeh yang terletak di Kelurahan Kairagi untuk dibahas lebih lanjut.

 

Kemudian Anggota DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP) melaksanakan kegiatan reses III masa persidangan I tahun 2022 di Desa Treman, Minahasa Utara. Untuk reses III kali ini, MJP melaksanakannya dengan Komunitas Petinju di Minahasa Utara. Aspirasi dari para atlet dan pelatih tinju di Minut dianggap MJP sangat penting apalagi dirinya menjabat sebagai Ketua Pertina Minahasa Utara.

Pada pertemuan tersebut, MJP memberikan apresiasinya kepada para atlit tinju asal Minahasa Utara, yang mampu mengharumkan daerahnya ketika mengikuti Pekan Olaraga Provinsi yang digelar di Kotamobagu.

“Kami sangat berbangga karena atlit kita mampu memberikan 5 medali yakni 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu,”ungkap MJP.

Reses III di Desa Treman ini, para pelatih dan atlit mengharapkan adanya perhatian pemerintah kepada mereka. Misalnya memberikan fasilitas untuk latihan. Bahkan bukan cuma olaraga tinju, tetapi olaraga lainnya diantaranya bola volly.

Sebelum melaksanakan reses di Desa Treman, MJP juga menyerap aspirasi di Kota Bitung, tepatnya di Aertembaga (Kasawari). Ditempat ini, MJP mengaku prihatin dan terharu ternyata di Aertembaga sangat membutuhkan air bersih.

“Bayangkan ketika hujan, masyarakat yang ada di Kasawari mengaku sangat bersyukur, karena lewat air hujan yang mereka konsumsi dapat membantu mereka. Jadi air bersih sangat-sangat dibutuhkan dan harapan kami ini juga harus mendapat perhatian dari pemerintah,”tegas Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sulut.

Sementara aspirasi para atlit dan pelatih ditanggapi serius Anggota Komisi I ini, diakuinya aspirasi dari komunitas tinju di Minut khususnya tinju akan menjadi perhatiannya.

“Para atlit ini sudah memberikan prestasi yang gemilang di Pekan Olaraga Provinsi yang baru selesai digelar. Para atlit tinju ini sudah mampu memberikan nama bagi kehidupan keluarga dan daerah. Tentunya harapan kami ada keberpihakkan anggaran khususnya olaraga tinju,”tegas MJP.

 

ADV  (dvd)##

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *